Monday 9 November 2015

Keindahan Gunung Bawakaraeng, Sulawesi Selatan

Gunung bawakaraeng adalah gunung yang sangat indah. gunung ini memiliki ketinggian 2.830 meter dari permukaan laut.

Gunung bawakaraeng berada di kabupaten gowa,sulawesi selatan.sekitar 2-3  jam perjalanan menggunakan motor dari makassar ke kampung lembana(letak gunung bawakaraeng). di lereng gunung ini terdapat wilayah malino, tempat wisata terkenal di sulawesi selatan. secara ekologis gunung ini memiliki posisi penting, karena menjadi sumber penyimpanan air di kabupaten gowa, kota makassar,bantaeng,bulukumba dan sinjai.

untuk mendaki gunung bawakaraeng sampai ke puncak harus melewati 2 bukit dan 10 post jalur pendakian. memang tidak mudah dan sangat melelahkan tapi semua itu tidak ada artinya karena di tiap perjalanan, kita akan di suguhkan dengan pemandangan indah seperti pepohonan yang lebat dan beragam dengan tebaran bunga gunung yang beraroma khas,sungai-sungai kecil, kabut tipis yang menghiasi di tiap perjalanan, dan berbagai keindahan yang lainnya.

perjalanan di mulai dari kaki gunung desa lembana disini pendaki akan melewati perkebunan warga, selanjutnya memasuki post 1 yang memiliki ketinggian 1650 mdpl, dan perjalanan membutuhkan waktu kurang lebih 40 menit, kemudian perjalanan di lanjutkan ke post 2 perjalanannya belum terlalu sulit dan dapat di tempuh kira-kira 1 jam. perjalanan terus di lanjukan sampai ke post 3, disini pendaki biasanya membangu kemah karena tersedia mata air. kemudian lanjut ke post 4 waktu tempuhnya kira-kira 1 jam juga. setelah itu lanjut ke post 5. disini pendaki biasanya beristirahat dan membangun kema untuk bermalam. pejalanan dari pos 5 ke post 6 ini terdapat pohon besar yang tumbang karena sebelumnya telah terjadi kebakaran. selanjutnya ke post 7 perjalanan memakan waktu kira-kira 2 jam. nah saat sampai di post 7 pendaki akan di suguhkan pemandang yang begitu indah dan batu besar merupakan penanda di post 7. selanjutnya perjalanan ke post 8, medannya susah karena medannya naik turun. disini terdapat kuburan dan bekas longsor..lanjut ke perjalanan ke post 9, disini akan di lewati hutan basah dan lembab perjalanannya memakan waktu 1 jam, dan biasanya pendaki juga membangun tenda disini. dan selanjutnya ke post 10. perjalanan ke puncak ini kita akan melihat bunga adelweis, tapi perjalananya terjal dan berbatu. dan saat sampai di puncak semua rasa letih akan terbayar lunas. karena disini kita akan merasa melayang karena di kelilingi awan dan langit biru yang luar biasa. dan puncak ini memiliki ketinggian 2830 mdpl

Tetapi di balik keindahan gunung bawakaraeng terdapat mitos tentang hal-hal mistis. nama gunung bawakaraeng ini berasal dari bahasa bugis makassar, bawa yang berarti mulut dan karaeng yang mempunyai arti raja atau tuhan. para penganut sinkretisme(proses perpaduan dari beberapa pemahaman agama atau kepercayaan)  diwilayah sekitar gunung ini meyakini bahwa gunung bawakaraeng merupakan tempat pertemuan para wali. para penganut kepercayaan ini juga melakukan ibadah haji di puncak gunung bawakaraeng setiap musim haji atau julhijah. dan pada tanggal 10 julhijjah mereka melakukan sholat idul adha di puncak gunung bawakaraeng.

Oke kita sudahi cerita mitosnya. berikut ini adalah foto dari perjalanan teman teman saya yang melakukan pendakian di gunung bawakaraeng, saya tidak ikut karena lagi ada acara sunatan.. hahaha bercanda.. ya bulan depan sudah ada rencana buat kesana. dan berikut foto teman saat mendaki di gunung bawakaraeng.








demikian gambaran singkat gunung bawakaraeng, semoga bisa menjadi pilihan menarik buat teman-teman yang ingin mendaki ke gunung bawakaraeng.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment