Tuesday 10 November 2015

Panorama Gunung Rinjani, Pulau lombok, Nusa Tenggara Barat

Setelah pada postingan sebelumnya saya membahas tentang Keindahan Gunung Bawakaraeng, Sulawesi Selatan, kini saya kembali untuk membahas gunung lainya yaitu gunung Rinjani.

Gunung rinjani adalah gunung yang terletak di pulau lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung rinjani juga merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl. Bagi para Pendaki gunung rinjani menjadi gunung favorit, karena berbagai keindahan pemandangannya.

Panorama gunung rinjani bisa di katakan paling indah di bandingkan gunung-gunung lain yang ada di indonesia, karena di tiap perjalanan, pendaki akan di suguhkan pemandangan yang luar biasa, seperti melihat monyet liar yang beraktrasi di pinggir jalan, perkebunan cabai, kol, bawang yang terbentang luas,padang savana yang eksotis,pesona hutan tropis,serta perbukitan yang luar biasa. dan tak tupa kita akan menjumpai danau sagara anak, ini yang membuat gunung rinjani semakin terkesan eksotis.

Pendakian di gunung rinjani juga memiliki tingkat kesulitan yang tinggi, niat yang kuat juga menjadi faktor utama agar mampu mendaki sampai ke puncak.
untuk mencapai gunung rinjani harus melewati tiga jalur pintu masuk, tapi yang sering di gunakan hanya dua jalur, yaitu jalur sembalun dan jalur senaru. jika memilih menggunakan jalur sembalun, maka pendaki akan menemukan puncak dahulu kemudian turun ke danau melewati senaru. dan apabila menggunakan jalur senaru, maka pendaki akan menjumpai danau terlebih dahulu kemudian ke puncak dan turun lewat sembalun. di bandingkan jalur senaru, jalur sembalun lebih menghemat perjalanan hingga 700 meter, tetapi jalur ini lebih panas karena padang savana yang akan di lewati. akan tetapi walaupun jalur sembalun lebih mudah dan menghemat perjalanan, banyak pendaki lebih memilih menggunakan jalur senaru karena karena pemandangan yang berbeda, pendaki akan melewati hutan tropis yang sangat lebat.

Untuk mendaki ke gunung rinjani pendaki akan menemukan tiga pos peristirahatan. pendaki akan merasakan tantangan sesungguhnya selepas post ke tiga, karena tanjakan terjal dengan kemiringan sekitar 60 derajat. perjalanan akan memakan waktu kira-kira lima jam untuk sampai ke puncak.

Setelah perjalanan panjang untuk sampai ke puncak, semua rasa letih akan terbayar lunas karena di puncak pendaki akan menikmati keindahan yang luar biasa, pendaki dapat melihat semua sisi pulau lombok,serta dapat melihat pulau bali,bima dan sumbawa. yang membuatnya semakin menarik adalah dapat melihat bunga keabadian.

Selain keindahan gunung rinjani, belum lengkap rasanya kalau belum di sisipkan dengan cerita mitosnya.
Gunung rinjani menyimpan sejuta misteri. salah satu misteri terbesarnya adalah  Dewi Anjani. Dewi anjani konon keturunan langsung raja selaparang hasil dari perkawinan sang raja dengan makhluk halus yang bermukim di gunung rinjani, ketika dia memohon hujan untuk daerahnya karena kekeringan panjang yang melanda kerajaan selaparang pada masa itu, karena itu sampai saat ini masyarakat suku sasak dan hindu dharma di pulau lombok sering melakukan ritual mulang pekelem yaitu ritual memohon hujan kepada dewi anjani dengan sesembahan berupa emas dengan cara di tenggelamkan ke danau segara anak

Kembali ke topik utama,berikut adalah foto yang berhasil di abadikan oleh teman-teman saya saat mendaki ke gunung rinjani. lagi-lagi saya berhalangan. ya bulan depan sudah ada planinglah ke sana..hahahaha









Demikian gambaran singkat gunung rinjani, dan tak lupa ucapan terima kasih buat teman saya karena sudah mau mengizinkan saya untuk memposting foto mereka di blog saya ini. salam respect untuk semua pendaki.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment