Wednesday 9 December 2015

Pulau Rinca, Habitat lain Komodo

Pulau Rinca Habitat lain komodo
Pulau Rinca adalah pulau kecil yang terletak di Nusa Tenggara Timur. Pulau Rinca, Pulau Komodo beserta Pulau Padar merupakan kawasan Taman Nasional Komodo Yang di kelola Oleh pemerintah pusat.

Letak Pulau Rinca lebih dekat dari Labuan Bajo di bandingkan dengan pulau komodo, Labuan Bajo sendiri merupakan gerbang wisata untuk pergi ke Pulau Rinca, Pulau Komodo dan lain-lain.

Pulau Rinca juga bagian dari situs warisan dunia UNESCO, karen masuk kawasan Taman Nasional komodo. Titik tertinggi Pulau Rinca berada di Doro (Gunung) Ora, 670 meter dari permukaan laut, dan Luas Pulau Rinca adalah 198 kilometer persegi.

Pulau Rinca dikenal karena adanya komodo, populasi komodo di Pulau Rinca sekitar 1500-an, selain komodo di Pulau Rinca terdapat hewan lainnya seperti Babi Hutan, Kerbau, Rusa, Burung dan lainnya sebagai penyeimbang ekosistem dan sebagai mangsa para komodo.

Perjalanan menuju Pulau Rinca dari Labuan Bajo di tempuh selama 2 jam menggunakan jalur laut tentunya, dan berlabuh di dermaga Loh Buaya yang ada di Pulau Rinca. Dan dari situ kita akan menuju pos tempat penjaga dan ranger, ranger adalah pawang yang akan menemani kita untuk melihat komodo. dan di pos tadi kita mendaftarkan diri untuk keikutsertaan kita untuk menjelajah pulau, harga tiketnya cukup murah yaitu sekitar Rp 25.000.

Komodo di pulau rinca

Ukuran Komodo di pulau rinca mayoritas lebih kecil ketimbang yang ada di pulau komodo, sehingga pergerakannya juga lebih lincah. Pulau Rinca juga memiliki pesona lain khas Indonesia timur yaitu memiliki pemandangan yang sangat hijau, pulau rinca terdapat bukit yang hijau, dan dapat melihat pesona birunya laut. Di pulau rinca kita di tawarkan untuk ikut melestarikan lingkungan dengan menanam pohon bakau yang bisa kita beri nama, sehingga ketika kita kembali kita dapat melihat perkembangan pohon kita. Untuk membeli bibit tanaman bakau wisatawan dapat membayar seharga Rp 150.000 kemudian menanamnya sendiri.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment