Friday 13 November 2015

Danau Tiga Warna, Keajaiban Danau di Nusa Tenggara Timur

danau tiga warna, keajaiban danau di nusa tenggara timur
Danau kelimutu adalah danau yang berada di puncak gunung kelimutu, yang memiliki tiga warna yaitu merah, biru dan putih.dan gunung kelimutu juga merupakan gunung berapi. Untuk melihat gunung kelimutu tentunya harus melakukan trekking, ketinggian gunung ini adalah 1631 mdpl. dan waktu yang ditempuh untuk mencapai lokasi danau sekitar 45 menit.

Danau kelimutu terletak di kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, menurut warga setempat warna danau kelimutu selalu berubah-ubah seiring berjalannya waktu dan perubahan warnanya tidak dapat di tebak. secara ilmiah perubahan warna danau kelimutu karena faktor kandungan mineral, lumut dan bebatuan di dalam kawah dan juga pengaruh dari cahaya matahari, para ilmuan yakin bahwa danau ini terbentuk dari erupsi gunung vulkanik zaman purba. fenomena ini telah menarik perhatian para ahli geologi karena keberadaan danau yang memiliki tiga warna yang berbeda namun berada di gunung yang sama.

Terlepas dari keindahannya danau kelimutu memiliki cerita mitos diantranya adalah

  • Danau kelimutu berasal dari dua suku kata yaitu keli yang berarti gunung dan mutu yang berarti mendidih. Menurut kepercayaan penduduk setempat warna-warna pada danau  kelimutu memiliki arti masing-masing dan memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat. 
  • Nama danau memiliki arti sesuai dengan warnanya yaitu : Biru tempat berkumpulnya para jiwa muda-mudi yang meninggal. Merah tempat berkumpulnya jiwa yang telah meninggal yang semasa hidupnya selalu melakukan kejahatan. dan Putih tempat berkumpulnya jiwa orang tua yang telah meninggal.
  • Warna air dari ketiga danau berubah secara misterius tanpa ada yang pernah melihat secara langsung proses perubahannya tersebut.
  •  Perubahan warna danau di percaya akan ada peristiwa alam yang sangat besar di bumi, bahkan warga setempat mempercayai jika ketiga danau melebur menjadi satu maka dunia ini akan kiamat
  • karena dipercaya sebagai tempat bersemayam banyak roh, maka warga setempat mengadakan sebuah upacara adat yang bernama Pati ka du'a batu ata mata. upacara ini di laksanakan setahun sekali oleh warga setempat. tujuan upacara ini adalah untuk memberi makan roh-roh yang bersemayam di sekitar danau tiga warna.
Demikian profil singkat danau kelimutu, semoga setelah membaca artikel ini anda jadi ingin berwisata ke danau kelimutu.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment