Thursday 19 November 2015

Tips Menghindari Radiasi Ponsel

bahaya radiasi ponsel
Ponsel merupakan alat elektronik yang sudah tidak bisa lagi dipisahkan dengan manusia, karena segala sesuatu bisa lebih mudah dengan menggunakan ponsel, akan tepapi di balik keistimewaan ponsel terdapat suatu masalah yang sangat besar yaitu radiasi yang di hasilkan oleh ponsel.

Radiasi ponsel di kategorikan dengan zat karsinogenik berbahaya seperti timbal, asap knalpot dan kloroform. karsinogenik menyebabkan kanker dengan mengubah asam deoksiribonukleat(DNA) dalam sel-sel tubuh dan menggangu proses-proses biologis. dan bahaya tertingginya adalah saat ponsel di gunakan untuk telepon.

dan berikut tips untuk meminimalisir dampak dari radiasi ponsel yang berbahaya:

  • Saat melakukan panggilan atau menerima panggilan sebaiknya mengaktifkan speaker, ini berfungsi agar menjauhkan radiasi ponsel dari kepala kita, sebab semakin jauh ponsel semakin rendah pula radisi ponsel yang akan di terima oleh tubuh.
  • Jangan menggunakan headset saat melakuan atau menerima panggilan sebab kabel headset juga dapat mengirim sejumlah radiasi elektromagetik ke kepala anda.
  • Maksimalkan sms, sebab mengirim teks membatasi durasi paparan radiasi,dan menjaga jarak ponsel dari tubuh.
  • Untuk laki-laki jangan simpan ponsel di saku celana sebab jumlah studi menemukan kerusakan vitalitas dan motilitas (sperma dapat bergerak sendiri secara spontan)sperma di laporkan meningkat dan bagi wanita bisa jadi hal ini menjadi dampak buruk bagi rahim.
  • Bila terpaksa harus menggunakan telepon usahakan memindahkan ponsel dari kiri ke kanan agar pengaruh radiasi bisa di minimalisir, karena jika tidak, akan memicu tumor otak dan kanker kelenjar ludah pada telinga.
  • Jangan menggunakan ponsel ketika sinyal lemah karena hal ini memicu kekuatan sinyal hingga maksimum,karena ponsel berusaha terhubung ke antena relay yang baru.
  • kurangi menggunakan smartphone perangkat seperti iphone android dan blackberry menghasilkan emisi yang lebih tinggi daripada ponsel,karena mereka bergantung pada energi dari baterai untuk melakukan aktivitas e-mail,koneksi internet dan mendisplay warna.
  • jangan tidur bersama ponsel sebab medan elektromagnetik bisa mengurangi produksi melatonin pada tubuh, dan menyapu radikal bebas yang dapat melindungi sel-sel tubuh anda dari kerusakan DNA, kerusakana DNA dapat meningkatkan resiko kanker dan penyakit lain.
Demikian artikel tentang menghindari radiasi ponsel. semoga bermanfaat.



Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment